Gagal, Berkah atau Musibah


Kegagalan selama ini dipandang sebagai sebuah kutukan yang harus dihindari. Kagagalan mencerminkan keadaan serba susah, tidak enak, kecewa, bahkan sakit tak terkira.
Kodrat manusia adalah menghindari rasa sakit atau tidak enak. Tidak salah tentunya jika kodrat manusia pasti menghindari sebuah kegagalan. Segala daya upaya dilakukan manusia untuk menghindari kegagalan. Tapi mengapa manusia pada akhirnya bertemu juga dengan kegagalan dalam hidupnya?
Setelah banyak membaca buku kisah orang sukses dan buku-buku motivasi, saya hanya bisa menyimpulkan bahwa kegagalan adalah BENTUK KASIH SAYANG TUHAN YANG DIBERIKAN PADA UMATNYA. Tanpa kegagalan manusia tidak akan bisa memetik pelajaran dalam hidupnya.
Bahkan seorang pengusaha sukses tidak akan bisa meraih kesuksesan sebelum mengalami berbagai kegagalan. Ini adalah kenyataan yang banyak dimuat dalam cerita orang-orang sukses.Saya ingat pepatah; untuk menghasilkan nahkoda yang tangguh dibutuhkan ombak yang besar. Pepatah ini sangat cocok sebagai gambaran betapa kegagalan dibutuhkan untuk bisa memperoleh peningkatan kualitas hidup.
Kegagalan memang syarat utama untuk bisa sukses, tapi kegagalan juga bisa menyebabkan hilangnya kesempatan meraih kesuksesan. Bahkan tak jarang manusia sampai bunuh diri karena kegagalan.
Kegagalan menjadi berkah atau musibah tergantung bagaimana kita menyikapi kegagalan itu. Jika kita mau bangkit kembali setelah mengalami kegagalan, pasti berkah yang akan kita dapatkan. Sebaliknya, jika putus asa setelah mengalami kegagalan pasti musibah yang akan kita dapatkan dari kegagalan itu.
Semoga bermanfaat, selamat berkarya, sukses untuk anda…..

1 komentar:

{ Unknown } | 13 Agustus 2011 pukul 12.55 mengatakan...

waow ... artikel yang menuntut memberi jawaban yang tepat dan sesuai dengan ajaran agama neh, ...

kalau menurut ane sebuah kegagalan tidak lah identik dengan dengan musibah, karena di agama kita di ajarkan untuk meyakini bahwa di setiap ke gagalan itu pasti ada hikmah nya dan itu bisa berupa berkah

kalau kata orang yang ber pendidikan '' ke gagalan adalah awal dari kesuksesan ''

nice share ...

Posting Komentar

 

Copyright © 2010 Blognya Ikhwan All Rights Reserved

Design by Dzignine