Tips Menjaga Kesehatan Mata

Kesehatan mata seringkali diabaikan, hingga timbul keluhan. Untuk menjaga agar mata tetap sehat, bukan hanya saat Anda masih muda tetapi hingga tua, ada empat cara yang sebaiknya dilakukan.

- Konsumsi multivitamin
Penelitian National Eye Institute menunjukkan suplemen vitamin yang mengandung antioksidan, vitamin C dan E, beta-karoten, mineral, dan zinc bisa memperlambat penurunan fungsi penglihatan sentral (degenarasi makula).

Lalu, artikel dalam Archives of Internal Medicine menyimpulkan vitamin B6, B12 dan asam folat, juga bisa membantu menjaga mata agar tetap sehat. Jika Anda memiliki keturunan katarak, disarankan untuk mengonsumsi vitamin yang mengandung mineral sebagai langkah pencegahan.

- Konsumsi makanan mengandung antioksidan dan beta karoten
Selain vitamin, konsumsi juga makanan yang mengandung antioksidan seperti jeruk, teh hijau, atau buah cherry. Selain itu, konsumsi juga sayuran hijau dan yang mengandung beta karoten tinggi, seperti bayam, salada, tomat dan wortel.

- Konsumsi omega 3
Omega 3 tidak hanya baik untuk kesehatan jantung Anda tetapi juga penglihatan. Anda bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi ikan laut seperti tuna dan salmon, atau mengonsumsi suplemen omega 3. Sebaiknua konsumsi makanan yang mengandung omega 3, minimal dua hingga tiga kali seminggu.

"Konsumsi omega 3 bisa melindungi lapisan air mata, mengurangi risiko mata kering dan mencegah katarak," kata Ruth D. Williams, M.D., juru bicara American Academy of Ophthalmology, seperti dikutip dari Real Simple.

- Gunakan kacamata surya
Sinar UV adalah pemicu utama pengerasan lensa mata, katarak dan degenerasi makula. "Faktanya, satu hal yang menghambat pembentukan katarak adalah perlindungan sinar UV," ujar Jill Koury, asisten profesor ophtamologi, di Duke University Eye Center, Amerika Serikat. 

Itu berarti, sangat penting untuk memakai kacamata surya dengan lensa gelap yang menyaring 100 persen sinar ultraviolet, setiap kali Anda berada di luar ruangan. Koury juga mengatakan sangat penting mengenakan topi dan kacamata surya saat cuaca panas, untuk mencegah sinar UV masuk dari atas kaca dan sisi.

Sumber : VIVAnews.com

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Copyright © 2010 Blognya Ikhwan All Rights Reserved

Design by Dzignine