Kunci Sukses Hidup

Kunci utama dari rahasia sukses adalah jawaban dari pertanyaan “Untuk apakah kita hidup? Jika kita dapat menjawab dengan sempurna, dipastikan setiap kita dapat meraih kesuksesan besar, kebahagiaan dan kemenangan hakiki. Namun tidak semua kita dapat menemukan jawabannya dengan sempurna.
Ingatlah kisah bang Nasruddin Koja yang kehilangan kunci kamar tidurnya, lalu ia mencari-carinya di halaman rumahnya. Seharian Nasruddin mencari kunci tersebut di halaman rumahnya sampai tetangganya penasaran dan bertanya. “Bang, ngapain kelalang keliling di halaman rumah seharian begini? Tetangganya menyapa. “Saya kehilangan kunci kamar”, sahut Nasruddin. “Dimana hilangnya?” Tetangganya mencoba mencari tahu. “Jatuh di kursi ruang tamu”, cerita Nasruddin. “Lalu kenapa abang cari-cari di halaman rumah?”  “Kenapa abang nggak cari di kursi ruang tamu?” Tanya tetangganya penuh keharanan. “Habis di ruang tamu gelap, kalau di luar kan terang! jadi saya cari di tempat yang terang.”, sungut Nasruddin.

Hasilnya sudah bisa ditebak. Nasruddin tidak mungkin dapat menemukan kunci kamarnya karena ia salah persepsi dan tidak mau membuka diri bahwa sesungguhnya ia sebenarnya tahu kunci itu ada dimana? Tapi Nasruddin selalu memandang keluar dirinya. Tidak melihat potensi dirinya yang begitu besar. Ia selalu beranggapan bahwa punya orang lain itu lebih baik. Sementara yang dimiliki dirinya tidak lebih baik. Tempat bekerja orang lain lebih menjanjikan,. Tempat bekerjanya tidak memberi harapan. Padahal setelah ia mencari pekerjaan di luar sana, ia sama sekali tidak mendapatkan perbedaan. Bahkan tidak mendapatkan apa-apa. Hanya karena kelihatan di halaman rumahnya lebih terang di banding di dalam rumahnya.

Ternyata kunci sukses itu ada di dalam diri seseorang, di kedalaman jiwa dan pikirannya. Bukan di dalam jiwa orang lain.     
Namun, yang paling aneh adalah orang yang tidak mau menggunakan Kunci yang dia miliki, dan malah mencari Kunci lain yang belum tentu tepat untuk membuka Pintu Kesuksesan Hidupnya.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Copyright © 2010 Blognya Ikhwan All Rights Reserved

Design by Dzignine