Mengusir Rasa Malas

Rasa malas adalah suatu hal yang lumrah pada setiap orang. Namun kemalasan hendaknya jangan dijadikan alasan untuk tidak beraktifitas. Apalagi dibualn Ramadhan, banyak saudara kita yan santai dan hanya bermalasan disiang hari.“Ungkapan tidurnya orang berpuasa merupakan ibadah memang sudah seringkali kita dengar, baik di pengajian atau pun di berbagai kesempatan. Dan paling sering kita dengar di bulan Ramadhan.
Di antara lafadznya yang paling populer adalah demikian:
“Tidurnya orang puasa merupakan ibadah, diamnya merupakan tasbih, amalnya dilipat-gandakan (pahalanya), doanya dikabulkan dan dosanya diampuni.”
Meski di dalam kandungan hadits ini ada beberapa hal yang sesuai dengan hadits-hadits yang shahih, seperti masalah dosa yang diampuni serta pahala yang dilipat-gandakan, namun khusus lafadz ini, para ulama sepakat mengatakan status kepalsuannya.
Adalah Al-Imam Al-Baihaqi yang menuliskan lafadz itu di dalam kitabnya, Asy-Syu””ab Al-Iman. Lalu dinukil oleh As-Suyuti di dalam kitabnya, Al-Jamiush-Shaghir, seraya menyebutkan bahwa status hadits ini dhaif (lemah).
Namun status dhaif yang diberikan oleh As-Suyuti justru dikritik oleh para muhaddits yang lain. Menurut kebanyakan mereka, status hadits ini bukan hanya dhaif teteapi sudah sampai derajat hadits maudhu (palsu).”
Keutamaan Bulan Ramadhan
nah, klo udah tau itu haditsnya palsu jangan dilakuin
kenapa? karena sebenernya di bulan ramadhan itu terdapat beberapa keutamaan, yaitu :
1. Ramadhan adalah Bulan Diturunkannya Al Qur’an
2. Setan-setan Dibelenggu, Pintu-pintu Neraka Ditutup dan Pintu-pintu Surga Dibuka Ketika Ramadhan Tiba
3. Terdapat Malam yang Penuh Kemuliaan dan Keberkahan
4. Bulan Ramadhan adalah Salah Satu Waktu Dikabulkannya Do’a
*untuk penjelasaanya bisa dicari lebih lanjut secara mandiri ok....

Puasa dan Etos Kerja

Ramadhan hendaknya dijadikan bulan jihad dan semangat, bukan malah sebaliknya, bulan penuh malas dan santai. jika kita baca siroh nabawiyah, terjadi banyak peperangan yang terjadi pad bulan puasa. Begitupun dengan kemerdekaan negara kita terjadi pada bulan ramadhan pula. jadi jangan jadikan bulan puasa sia-sia. Bagaiman dengan kita?????

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Copyright © 2010 Blognya Ikhwan All Rights Reserved

Design by Dzignine